Do'a Akhir Tahun (Hijriyah)

Artinya :
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta para keluarga dan sahabatnya.

Ya Allah, segala yang telah kami kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat dan Engkau tidak meridhoi, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk kami, dan Engkau telah menyuruh kami untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat.

Karena itu ya Allah, Kami mohon Ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada kami dengan kemurahan-Mu. atas segala apa yang telah kami kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, kami mohon kepada-Mu.

wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan,
semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah.
Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Nabi Muhammad Shollallahu 'alaihi wa sallam, keluarga dan sahabatnya.
Amin Yaa Robbal 'Alamin.

Keterangan:
Doa Akhir Tahun dibaca 3 kali pada akhir waktu Asar atau sebelum masuk waktu Maghrib pada akhir bulan Dzulhijjah. Siapa yang membaca doa ini, Syaitan berkata “Kesusahan bagiku dan sia-sialah pekerjaanku menggoda anak Adam pada setahun ini"
dan Barangsiapa yang membaca doa akhir tahun ini, maka syaitan akan berkata:
“Hampalah kami di sepanjang tahun ini”.

Semoga hidup kita semakin bermakna. Aamiiin.